Pembelajaran Matematika

Pembelajaran Matematika

Selasa, 20 Maret 2012

Game untuk memulai dan mengakhiri Pelajaran

Game atau permainan memang sangat disukai peserta didik. dimana game ini bisa untuk mengkondisikan siswa agar konsentrasinya terpusat. berikut ini berapa Game yang bisa diterapkan:

1. Bom - bom an

Game ini bisa digunakan didalam kelas, maupun diuar kelas. seluruh siswa dengan sikap duduk atau berdiri ditempatnya. kemudian siswa diminta menghitung angka secara berurutan. Guru memberikan aba aba semisal angka kelipatan 5, hitungan dimulai. maka siswa menyebutkan angka 1, 2, 3, 4, bom, 6, 7, dst... disini siswa diajak untuk berkonsentrasi sebelum memulai pelajaran. permainan bisa di tambah dengan kelipatan 5 mengandung 2, maka nanti angkanya menjadi 1, bom, 3, 4, bom, 6, dst.

2. Wek e wek

Game ini digunakan untuk meningkatkan konsentrasi siswa, antara pendengaran, penglihatan dan gerak. dimuai dari guru mengajak seluruh siswa memeragakan gerakan tangan seperti bebek dan sambil berteriak wek wek e wek (seperti suara anak bebek), setelah itu siswa diminta memegang mulut, kemuduan wek wek e wek, pegang mata, dst. setelah itu guru meminta memegang mata, tetapi guru memegang telinga (disini siswa di tes daya konsentrasinya).

3. Angin Berhembus

Game ini memerlukan alat sebagai pijakan. misal didalam kertas bisa menggunakan korsi tempat duduk, maupun daun, atau ranting jika diluar kelas. game dimulai dengan nyanyian, Angin berhembus, dan siswa menjawab berhembus kemana angin, guru menjawab yang memakai sepatu. nanti seluruh siswa yang menggunakan sepatu harus berpindah tempat. dan korsi siswa diambil satu sehingga ada satu siswa yang tidak mendapatkan tempat, maka siswa tersebutlah yang mendapat tugas. Tugas disini bisa mengerjakan soal, mencari suatu barang, ataupun angka, menyanyi, dan lain-lain.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More